My SAPK, Layanan PNS dengan Smartphone

Pengembangan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) atau yang dikenal dengan E-Government kini menjadi program prioritas pemerintah. Tidak hanya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik, namun juga untuk mengakselerasi sistem manajemen Aparatur Sipil Negara di Indonesia. Badan Kepegawaian Negara sebagai Pembina dan Penyelenggara Manajemen ASN juga turut mendukung  program pemerintah tersebut dengan membangun Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK) dan kini dikembangkan menjadi MY SAPK, My SAPK adalah Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian yang telah dikembangkan yang semula berbasis web menjadi berbasis Smartphone Versi Android, dengan dikembangkannya menjadi My SAPK maka diharapkan agar proses updating data kepegawaian bisa lebih mudah dan cepat sehingga nantinya diperoleh data kepegawaian yang akurat serta dapat membangun rasa kepedulian masing-masing ASN akan akurasi data kepegawaiannya.
Selama ini ASN sulit untuk mengetahui data kepegawaiannya dikarenakan SAPK hanya dapat diakses oleh pengelola kepegawaian pada Badan Kepegawaian masing-masing daerah, dengan adanya aplikasi My SAPK yang dapat diakses melalui smartphone akan semakin memberikan pelayanan informasi kepegawaian yang efektif bagi para ASN sehingga dengan adanya My SAPK maka :

  1. ASN dapat langsung mengetahui data Kepegawaiannya yang ada di database Nasional BKN;
  2. Data Kepegawaian dapat ditampilkan dengan elemen data yang lengkap;
  3.  ASN dapat memutakhirkan data kepegawaiannya sehingga data kepegawaian menjadi lebih mutakhir dan akurat;
  4.  ASN memiliki rasa peduli terhadap data kepegawaian;
  5.  ASN dapat monitoring langsung terhadap perkembangan data;
  6. Meningkatkan mutu pelayanan dalam rangka proses pelayanan kepegawaian yang cepat, mudah dan murah.

My SAPK dikembangkan dengan alasan untuk Transparansi data (Cek Status Pelayanan Kepegawaian), Mendekatkan Layanan (Langsung dapat mengupdate data, Notifikasi suatu proses dan otentifikasi dokumen pelayanan kepegawaian), Kemudahan dengan Smartphone (Mudah digunakan, informasi lebih cepat).

Adapun fitur-fitur yang ada di My SAPK adalah :

13

  1. Profil PNS yang akan menampilkan data utama, golongan,jabatan dan posisi;
  2. Ubah data, dimana ASN bisa melakukan perubahan data seperti email, nomor telpon, nomor Handphone, BPJS, NPWP, Email dan  Alamat    yang langsung tersimpan di database Nasional BKN;
  3. My KPE, Kartu Pegawai Elektronik yang virtual, BKN tidak mencetak lagi KPE dan sebagai gantinya adalah KPE Virtual yang dapat di Download untuk dicetak sehingga dapat digunakan sebagai keperluan administrasi kepegawaian misalnya untuk PT. Taspen,  BPJS Kesehatan dan Bapertarum;
  4. Otentifikasi SK, untuk mengetahui bahwa Surat Keputusan dikeluarkan oleh SAPK;
  5. Pelacakan, digunakan oleh ASN untuk mengetahui sampai sejauhmana proses kepegawaiannya;
  6. Personalisasi digunakan untuk mengubah password My SAPK.

 

Sumber :
1. https://www.kanreg12bkn.id/home/my-sapk-layanan-pns-dalam-genggaman/
2. http://supiadi74.blogspot.co.id/2018/04/bkn-kenalkan-mysapk-berbasis-digital.html

Penulis : Syaifullah, S.Kom.